Thursday, August 07, 2008

13 Wasiat Terlarang (2/3)

Visual
Apa sih visual itu? Menurut bahasa sederhana saya, visual itu penampakan atau tampak luar ^_^ sesuatu yang langsung bisa dilihat dengan penglihatan.

Dulu ponsel Ericsson (sekarang Sony Ericsson) sangat terkenal dengan teknologinya yang high tech, sedangkan tampilannya biasa-biasa saja sehingga terkenal dengan semboyan “Untuk Anda yang Mengerti Teknologi”. Sementara itu, ponsel Nokia sangat terkenal dengan kemudahan dalam penggunaan --bahkan orang yang baru pertama kali pegang juga sudah bisa pakai-- sedangkan teknologinya tergolong biasa-biasa saja sehingga terkenal dengan semboyan “Teknologi yang Mengerti Aanda”. Dalam hal ini bisa kita katakan bahwa Nokia hanya “jual tampang”. Tetapi apa yang terjadi? Anda tentu sudah bisa menebak, ponsel mana yang paling laris di pasaran saat itu? Bahkan sampai sekarang pun masih berlanjut.

Music (Musik)
Mengapa dalam setiap iklan hampir pasti selalu ada jingle-nya? Mengapa setiap Negara pasti memiliki lagu kebangsaan? Mengapa kalau bayi menangis atau ingin tidur, kita kadang-kadang menghiburnya dengan nyanyian? Mengapa hampir semua film memiliki soundtrack, meskipun hanya berupa suara instrumen (kecuali film bisu tentunya ^_^)? Itulah kehebatan musik. Entah mengapa, dengan musik, sesuatu yang disampaikan akan lebih mudah diterima.

Intuition (Intuisi)
Intuisi atau bisikan hati, orang bilang indra keenam. Kalau orang Jawa bilang, “Ngerti sadurunge winarah” atau tahu sebelum orang lain tahu. Hal ini tidak ada hubungannya dengan mendatangi dukun/paranormal. Memang ada beberapa orang yang sejak lahir sudah dikaruniai intuisi yang kuat, tetapi Anda yang “orang biasa” pun bisa melatih dan mengembangkannya.

Synthesis (Sintesis / Perpaduan)
Setidak-tidaknya ada 5 jenis sintesis yaitu: generalist, crosser, tricker, connector dan detector. Waduh, makanan apa lagi itu? Oke, oke… mari kita bahas satu per satu (tentunya sesuai dengan bukunya, karena saya sendiri juga bingung ^_^)

a. Generalist
Saya yakin Anda semua sudah tahu tentang yang satu ini. Generalist adalah lawan arti kata dari specialist ^_^ ya iya lah….. Orang-orang bilang, generalist adalah orang yang serba bisa, meskipun bisanya hanya setengah-setengah ^_^ Meskipun specialist dihargai lebih mahal (di mana-mana dokter spesialis pasti lebih mahal daripada dokter umum), tetapi untuk survive, generalist lebih bisa bertahan.

b. Crosser
Crosser adalah tipe orang yang meninggalkan satu bidang, menyeberang ke bidang lain dan berhasil di bidang baru.

c. Tricker
Tricker adalah tipe orang yang gesit menyongsong ketidakurutan, ketidakterautan, bahkan ketidakpasitian.

d. Connector
Connector adalah tipe orang yang jago menghubungkan hal-hal yang pada mulanya tidak berhubungan.

e. Detector
Detector adalah tipe orang yang jeli mengurai pola-pola kompleks.

Orang-orang kanan (maksudnya berorientasi otak bagian kanan), sama sekali tidak merasa canggung dengan segala jenis sintesis karena otak mereka sudah terbiasa beroperasi secara menyeluruh (holistik), menyebar (difus), serentak (paralel), dan acak (lateral).

1 comment:

Anonymous said...

wih.. mantab tenan mas iki, bikin orang merinding membacanya.

//
Syukur Cara Kanan:
Bersyukur -> Meminta -> Dikabulkan

Syukur Cara Kiri:
Meminta -> Dikabulkan -> Bersyukur
//