Thursday, August 07, 2008

13 Wasiat Terlarang (1/3)

Tulisan ini dicuplik dari buku dengan judul “13 WASIAT TERLARANG! Menjadi Dahsyat dengan Otak Kanan” karya Ippho Santosa dengan tambahan penjelasan dari saya sendiri :).

Secara mudahnya, otak manusia dibagi menjadi dua yaitu otak sebelah kanan, dan otak sebelah kiri. Otak kanan adalah otak pengusaha, sedangkan otak kiri adalah otak karyawan. Otak kanan adalah otak seniman, sedangkan otak kiri adalah otak peneliti. Secara mudahnya lagi, otak kanan berhubungan erat dengan emosi (EQ), sedangkan otak kiri berhubungan erat dengan “kecerdasan” (IQ).

Okelah, tanpa ba bi bu lagi akan saya tulis apa saja 13 wasiat terlarang tersebut.

Humor (Lelucon)
Mulailah dengan tertawa. Loh memangnya ada apa dengan tertawa? Usut punya usut, ternyata tertawa menjalar lebih cepat daripada menguap, dan bagaimanapun juga, orang yang suka tertawa (bukan gila) lebih ditunggu-tunggu dan lebih punya banyak teman daripada sebaliknya.

Game (Permainan)
Siapa sih orang yang tidak suka permainan? Bahkan Nabi pun suka permainan. Menurut sebuah penelitian (yang tidak disebutkan sumbernya J), begitu Anda berkutat dengan permainan tertentu (sekali lagi, tertentu), maka Anda mempertajam kemampuan otak kanan, terutama dalam memecahkan masalah yang meniscayakan identifikasi pola. Yap, identifikasi pola merupakan wilayah kerja otak kanan.

Story (Cerita)
Oprah Winfrey dan J.K. Rowling merupakan wanita terkaya nomor 1 dan nomor 2 sejagad raya saat ini. Apa modal meraka? Apakah mereka cantik? Anda mungkin akan berkata bahwa J.K Rowling itu catik, tetapi coba lihat saat pertama kali Rowling meluncurkan karya fenomenalnya “Harry Potter”…. Sama sekali jauh dari kesan cantik, bahkan cenderung pemalu dan minder.

Lalu, apa modal mereka? Cerita… yah, cerita. Sesuatu yang disampaikan melalui cerita lebih mudah dicerna daripada sesuatu yang disampaikan apa adanya. Apalagi kalo ceritanya dibumbui sedemikian rupa seperti acara-acara gosip hehehe….. :)

Metaphor (Kiasan)
Hampir sama dengan cerita, kiasan adalah mengandaikan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki arti sama. Anda tentu sangat mudah meneruskan pepatah berikut, “Guru kencing berdiri, ….” Daripada artinya yang berikut “Guru tidak boleh memberi contoh yang tidak baik karena….” Betul atau tidak???

Creativity (Kreativitas)
Bagian yang ini sepertinya tidak perlu dibahas karena saya yakin Anda sudah bisa berkreasi sendiri hehehe…. :)

No comments: